Pendahuluan
Perusahaan Daerah PT. Malamoi Olom Wobok (MOW) didirikan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sorong Nomor 21 Tahun 2008 dan diumumkan dalam lembaran daerah Kabupaten Sorong Tahun 2008 Nomor 21 atas inisiatif Dr. Drs. Stepanus Malak, M.Si selaku Bupati Kabupaten Sorong, selanjutnya dibuatkan Akte Notaris Nomor 03 Tanggal 5 Januari Tahun 2009.
Mengingat potensi gas yang berada di Kabupaten Sorong maka Perusahaan Daerah memanfaatkan gas tersebut menjadi listrik melalui Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) yang bekerja sama dengan pihak ke 3 (tiga) yang selanjutnya digunakan oleh PLN untuk melayani kebutuhan listrik di Kabupaten dan Kota Sorong dengan kapasitas awal 2 MMBTU atu 10 Mega Watt (MW) pada tahun 2012 dan selanjutnya dikembangkam sampai saat ini tahun 2017 sudah mencapai 8 MMBTU atau 40 Mega Watt (MW).
Disamping itu dimanfaatkanya juga gas life (bakar) di Matoa yang bekerja sama dengan PT. Intermega Sabaku Indinesia (ISI) sebesar 5 MMBTU namun pemanfaatannya hanya sebesar 1,2 MMBTU sedangkan sisannya 3,8 MMBTU tidak dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan listrik karena terkendala tidak adanya infrastruktur pendukung dalam pendistribusiannya.
Untuk mengembangkan kegiatan usaha maka dewan direksi mengembangkan kegiatan usaha berupa Properti, SPBU, Infrastruktur, Konsultan, Sarana olahraga, dan Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong serta kegiatan usaha lainnya secara ekonomis menguntungkan, guna menumbuhkan kegiatan ekonomi daerah, membuka lapangan kerja, menarik investasi ke daerah, dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Follow us on Facebook  Follow us on Twitter  Follow us on LinkedIn
 
Website Developed By. Hoztben Core